Personal blog. Keep to be a silent reader. No bullying !

Friday, 31 July 2015
Berlangganan

OSPEK Mahasiswa Baru



Masa Orientasi ala mahasiswa atau yang biasa sering disebut Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) adalah pintu utama untuk mengawali dunia perkampusan melalui pengenalan tentang kehidupan dikampus, pengenalan tentang jajaran birokrasi kampus dan pengenalan mengenai transisi dari siswa menjadi maha-siswa.
Kebanyakan dari Mahasiswa Baru (MABA), OSPEK adalah kegiatan yang sangat ditunggu-ditunggu. OSPEK di kampus-kampus penjuru negeri biasanya ada 2 jenis OSPEK. OSPEK tingkat Universitas dan OSPEK tingkat Fakultas.
Fungsi dan tujuannya sama, sama-sama mengenalkan dunia perkampusan. Yang membedakan adalah kemasan dan konsepnya. Jika saya ibaratkan, OSPEK Universitas adalah separuh dari ruh para Maba, karena separuhnya lagi ada di OSPEK Fakultas. OSPEK Fakultas lah yang dapat menyempurnakan ruh dari MABA.
Ajang OSPEK bukan ajang perpeloncoan yang sering kita lihat di sinetron-sinetron. Jadi jangan khawatir untuk mengikuti OSPEK, karena segala sesuatunya sudah dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara dan pihak birokrasi.
1.      OSPEK Universitas
OSPEK tingkat Universitas adalah OSPEK yang diadakan oleh pihak birokrasi tingkat universitas atau biasanya yang menjalankan mandat OSPEK ini adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat Universitas. BEM jika diibaratkan didunia SMA yaitu OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), OSIS di perkuliahan yaitu disebut BEM. Jika di OSIS ada Ketua OSIS, di BEM ada Presiden BEM.
OSPEK ini biasanya diikuti oleh seluruh mahasiswa satu universitas dengan berbagai jurusan. Jadi, ada kesempatan untuk menjalin pertemanan lintas antar fakultas bukan hanya dengan satu jurusan saja.
Manfaat dari kegiatan ini adalah selain punya banyak teman dari berbagai jurusan dan fakultas, pun kita dapat informasi-informasi tentang kegiatan-kegiatan mahasiswa ditingkat Universitas. Biasanya ada Expo UKM. Expo UKM adalah pertunjukan Ekskul-ekskul tingkat Universitas yang menghadirkan aksi-aksi mereka untuk menarik perhatian dari Maba. Ada Paduan Suara, Marching Band, Club Karate, Pecinta Alam dan masih banyak lagi yang dijamin pasti akan menarik perhatian.

2.      OSPEK Fakultas
OSPEK ditingkat Fakultas yaitu OSPEK yang diselenggarakan oleh BEM tingkat Fakultas, yang biasanya panitianya adalah kakak-kakak tingkat diFakultas. Kegiatan ini biasanya tentang pengenalan lebih jauh tentang Fakultas, dan pengenalan tentang Unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada di Fakultas serta Himpunan-himpunan mahasiswa jurusan.
Hal yang tidak akan dilupakan selama menjadi mahasiswa biasanya momen-momen OSPEK. Dimana momen ini adalah momen perjumpaan dan perkenalan sesama mahasiswa baru dengan berbagai jurusan di fakultasmu. Kegiatannya dijamin sangat mengesankan yang seumur hidup tidak akan terlupakan.
Dokumentasi pribadi, taken by @darupriya



Jadi, masih ada yang tidak ingin mengikuti kegiatan OSPEK? Mending gak usah jadi mahasiswa deh :D