Personal blog. Keep to be a silent reader. No bullying !

Thursday, 23 July 2015
Berlangganan

Wajib Baca Untuk Calon Mahasiswa Baru 2015

Pembicaraan yang sebentar lagi akan menjadi tranding topic di dunia perkuliahan adalah ‘Mahasiswa Baru’. Ya, Mahasiswa Baru atau yang sering disingkat dengan MABA. Untuk kamu yang sudah menjadi Calon MABA dengan jalur SNMPTN Undangan, saya ucapkan selamat dan untuk yang sedang menunggu pengumuman SBMPTN saya doakan semoga lolos di Universitas yang didamba.

Sedikit saja saya ingin berbagi ketika saya pernah merasakan menjadi MABA 5 tahun yang lalu. Menjadi MABA yang tidak tahu apa-apa dan tidak punya siapa-siapa. Ada beberapa yang harus diperhatikan ketika kamu sudah memutuskan untuk menjadi Mahasiswa.
1.       Social Media
Dari jaman ke jaman, dari friendster ke yahoo messanger, dari facebook ke whatsapp, dari BBM ke Line, semua media kini sudah dimudahkan untuk menemukan banyak teman. Dari media social ini, dari yang tidak kenal menjadi kenal, dari mulai jauhnya Kediri sampai terkoneksi saling sapa didunia maya, dari jauh menjadi dekat, dari teman biasa menjadi demen (yang ini abaikan).
Kekuatan media sosial sangat berpengaruh penting. Segala informasi disuguhkan dengan mudah.
Pengalaman saya saat menjadi MABA, saya mencari-cari teman di Facebook (pada masanya) untuk mengetahui informasi-informasi tentang fakultas yang sudah menerima saya dengan ikhlas (hehe) dan tentu saja tujuan utamanaya adalah mendapatkan teman yang satu fakultas dengan saya. Akhirnya, sebelum saya resmi menjadi Mahasiswa, saya sudah mendapatkan banyak teman yang tentu saja satu fakultas. Ini salah satu tips untuk yang sebatang kara nanti di perantauan, dijamin ampuh langsung punya banyak teman.

2.       Kepo
Kalimat KEPO selalu dihubung-hubungkan dengan rasa keingintahuan yang berlebihan dan sering dikonotasikan dengan “Mau tau banget sih lu”. Ya memang harus begitu kan? Kamu harus wajib ingin tahu banyak tentang ‘rumah’ yang akan kamu singgahi dalam jangka waktu yang cukup lama.
Ruang lingkup fakultas itu luas, sangat luas. Jadi kamu harus paham betul tentang seluk beluk fakultasmu, tentang unit-unit kegiatan yang ada di fakultasmu. Wajib tahu.

3.       Indekos
Indekos atau biasa kita dengar dengan Kos-kosan, dimana Kosan adalah tempat persinggahandan tempat peristirahatan kamu selama di perantauan sebagai pengganti rumahmu. Informasi Kosan banyak didapatkan di papan-papan informasi ketika kamu melakukan registrasi ulang. Jangan kaget, kalau mama-papa kamu pasti dirayu-rayu oleh orang-orang yang disebut sebagai “Calo Kosan”. Mencari tempat Kosan melalui Calo itu tidak masalah, bahkan mungkin sangat membantu untuk kamu yang memang benar-benar buta informasi tentang harga dan tempat Kosan yang paling strategis dengan fakultasmu. Tapi alangkah lebih bijak dan baik jika kamu sudah mencari dan mendapatkan informasi dari teman-teman atau kakak tingkat yang sudah kamu ‘ajak’ kenalan di sosial media. Dan yang paling aman, lebih baik kamu cari informasi mengenai Kos-kosan lewat kakak tingkatmu, ya kalau bias sih satu Kos dengan kakat tingkat, dijamin bakal banyak untungnya untuk urusan dunia perkuliahanmu kedepan.

4.       Kopdar
Akhir dari tips ini adalah Kopi Darat alias Ketemuan. Setelah kamu berbincang-bincang dan mendapatkan banyak teman se-fakultas disosial media, saatnya kamu ajak atau kamu diajak oleh teman-teman Dumay (Dunia Maya) mu untuk Meet Up dan ngopi-ngopi. Tentu saja, acara kopdar ini bias kamu lakukan saat pertama kali kamu menginjakkan kaki di tanah perantauanmu. Karena setelah itu, kamu akan dihadapkan oleh masa-masa orientasi ala Mahasiswa alias OSPEK. Nah, kopdar sangat memudahkan kamu untuk nantinya saling sharing ya hitung-hitung nanti pas ngampus kamu sudah ada teman disampingmu.

Yap! Selesai sudah tips yang saya bagikan. Sebenarnya masih  ada satu rahasia yang sangat penting yang ingin saya sampaikan. Untuk kamu yang benar-benar mengikuti tips saya yang diatas, saya jamin kamu adalah MABA yang tergolong hits diangkatanmu. Setelah mendapatkan teman banyak sebelum memulai perkuliahan, kamu pun berkesempatan untuk ‘berakselerasi’ sebagai MABA. Ketika teman kamu yang tidak tahu apa-apa tentang kampusmu, kamu bias menjelaskan apa-apa yang ada dikampusmu kepada teman seangkatanmu. Ketika temanmu sulit dan susah memutuskan untuk mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), kamu justru sudah mantap dan yakin UKM seperti apa yang kamu ingini. Ketika temanmu celingak-celinguk mencari kenalan, kamu sudah selangkah lebih maju kenal dengan senior-seniormu. Ketika temanmu mendapatkan Kosan yang letaknya jauh dan mahal, kamu sudah mendapatkan tempat singgah yang dijamin nyaman, dekat, murah,bahkan kamu mendapat bonus sudah ada ‘Kakak Kosan’ yang siap membantu kamu untuk urusan OSPEK, karena tentu saja senior adalah pengalaman yang terbaik yang kamu miliki saat ini. So, kamu menang BANYAK!

Semoga Tips ini membantu untuk kamu, Calon Mahasiswa Baru~

Taken by aurielisme